Minggu, 15 Januari 2017

Penemu Lift
 http://www.penemu.co/penemu-lift-elisha-graves-otis/

Tentu tidak bisa dibayangkan jika tidak ada lift, pasti tidak akan gedung-gedung pencakar langit yang tinggi menjulang ke angkasa. Untung saja ada penemu lift. Dunia mengenal sosok Elisha Graves Otis sebagai sosok dibalik penemuan yang brilian tersebut.
Jika tidak, pasti akan sangat merepotkan jika harus bolak balik dari lantai satu ke lantai lainnya terlebih jika membawa barang bawaan yang cukup banyak.
Sekilas tentang Elisha Graves Otis
penemu-lift-elisha-graves-otisPenemu lift – Elisha Graves Otis lahir pada tanggal 3 Agustus tahun 1811 di Vermount, Amerika Serikat. Ayahnya bernama Stephen Otis Jr. sementara ibunya bernama Phoebe Glynn. Ia memiliki dua orang anak bernama Charles Rollin Otis dan Norton Prentice Otis yang merupakan hasil perkawinannya dengan Susan A. Houghton pada tahun 1834.
Sayangnya, Susan kemudian meninggal saat usia Charles masih delapan tahun sementara adiknya, Norton, saat itu masih balita. Ia kemudian menikah lagi dengan Elizabeth Otis. Usia Elisha Otis memang tidaklah panjang yakni hanya sekitar 49 tahun, ia meninggal pada 8 April 1861. Namun, hasil penemuannya bersama kedua anaknya layak memperoleh penghargaan.
Bagaimana Elisha Graves Otis menemukan ide membuat lift?
Mulanya, Elisha Otis yang hanya pekerja di sebuah pabrik ranjang sempat kebingungan bagaimana cara untuk mengangkat semua puing-puing tua yang berada di bagian atas pabrik dengan cara yang lebih mudah dan lebih efisien.
Pada masa itu memang sudah ada platform pengangkat, sayangnya platform tersebut sering patah dan mudah rusak. Karena alasan itulah, ia bersama kedua anaknya, Charles dan Norton, kemudian membuat “lift keselamatan” sendiri.
rancangan-lift-buatan-elisha-otis
Lift tersebut terbukti sukses dan tidak mudah rusak. Saat itu, ia dan kedua anaknya sama sekali tidak berpikir untuk mematenkan hasil penemuan mereka berupa “lift keselamatan” kepada pihak yang berwenang pada saat itu.
Tidak hanya membuat sendiri “lift keselamatan”, keluarga Otis ini juga menjual produknya pada beberapa perusahaan lain. Setelah dirasa penjualan ranjang tidak lagi menguntungkan seperti penjualan “lift keselamatan”, mereka akhirnya memilih untuk fokus pada penjualan lift.
Awalnya, Otis membangun sebuah perusahaan lift bernama Job Union Elevator yang kemudian pada tahun 1867 diganti dengan Otis Brother & Co. Usaha promosi mereka dengan mengikuti New York World Fair pada tahun 1854 ternyata memberikan publisitas yang cukup tinggi.
Perusahaan lift penemu-lift-elisha-graves-otis-1milik keluarga Otis kemudian mulai kebanjiran pesanan semenjak mengikuti New York Fair pada tahun 1854 tersebut. Seolah tidak ingin berhenti berkarya, Elisha Otis terus saja bereksperimen untuk membuat lift yang dibuat perusahaannya semakin baik.
Penemu lift – Elisha Graves Otis mungkin bukan orang pertama yang menemukan lift, mengingat sudah ada platform pengangkat pada saat itu. Namun, usahanya dalam menemukan sistem pengereman pada lift membuatnya pantas dikenal sebagai penemu lift modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar