Minggu, 15 Januari 2017

Perbedaan Monokotil dan Dikotil Pada Tumbuhan

http://perbedaanterbaru.blogspot.com/2015/08/perbedaan-monokotil-dan-dikotil-pada.html?m=1


Dalam ilmu Biologi dikenal dua jenis tumbuhan berdasarkan jumlah keping bijinya yaitu tumbuhan dikotil dan monokotil, ada banyak perbedaan monokotil dan dikotil yang bisa dikenali baik secara langsung ataupun dari bentuk bagian dalam tumbuhan itu sendiri. Pengelompokkan tumbuhan berdasarkan keping biji yang ada di dalamnya ada dua, yaitu monokotil dan dikotil ini tidak hanya mempunyai perbedaan pada keping bijinya saja tapi ada ciri pembeda lainnya yang bisa dijadikan sebagai tanda dari keduanya. Dilihat dari keping bijinya, tumbuhan monokotil mempunyai satu keping biji sedangkan tumbuhan jenis dikotil mempunyai dua keping biji.
tabel perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil,beserta contohnya,secara anatomi,lengkap,pada batang,contoh tumbuhan monokotil dan dikotil,
Untuk lebih jelas apa saja perbedaan monokotil dan dikotil simak saja penjelasan, berikut ini yang akan dijelaskan bagian apa saja yang membedakan antara dikotil dan monokotil.

1. Akar
Perbedaan yang utama dan bisa dilihat secara langsung dari tumbuhan monokotil dan dikotil adalah bentuk akarnya. Akar tumbuhan monokotil mempunyai bentuk serabut yang tersusun atas banyak akar yang kecil dan tipis. Sedangkan pada tumbuhan dikotil bentuk akarnya adalah tunggang, yaitu satu tapi mempunyai banyak cabang dan bersifat kuat tidak mudah untuk dipatahkan.

2. Batang
Ciri pembeda lainnya dari tumbuhan monokotil dan dikotil adalah pada batangnya. Tumbuhan dikotil mempunyai batang yang mempunyai kambium dan batangnya bisa bercabang-cabang menjulang tinggi dan menjulur panjang. Sedangkan pada tumbuhan monokotil batang tumbuhan tidak mempunyai kambium dan tidak bercabang-cabang. Anda bisa melihat tumbuhan ada kambium atau tidak dengan membuka sedikit kulit batangnya.

3. Daun
Bentuk daun juga menjadi salah satu pembeda dari tumbuhan monokotil dan dikotil. Daun pada tumbuhan monokotil mempunyai bentuk yang memanjang seperti pita dan daunnya berbentuk lebar dengan bentuk yang berbeda dan beraneka ragam. Sedangkan pada daun dikotil mempunyai tulang daun yang sejajar ataupun melengkung dengan bentuk daun yang menjari atau seperti sirip.

4. Bunga
Perbedaan monokotil dan dikotil juga bisa dilihat dari bunga yang ada pada tumbuhan. Tumbuhan jenis monokotil mempunyai kelopak bunga dengan jumlah 3 ataupun kelipatannya. Sedangkan pada tumbuhan jenis monokotil mempunyai jumlah minimal 2 kelopak, 4 kelopak, 5 kelopak ataupun kelipatan dari semuanya. 

5. Berkas pengangkut
Berkas pengangkut yang ada pada tumbuhan dikotil dan monokotil sangat berbeda. Pada tumbuhan monokotil berkas pengangkutnya tersebar pada batang baik pembuluh tapis maupun pembuluh kayunya. Sedangkan pada tumbuhan dikotil berkas pengangkutnya terletak teratur dengan pembuluh kayu yang terletak pada bagian dalam pembuluh tapis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar