Minggu, 15 Januari 2017

 Penemu RAM

RAM atau kepanjangannya adalah Random Access Memory adalah sebuah memory sementara dari sebuah komputer atau laptop atau notebook. RAM ini biasanya digunakan untuk bermain game, atau hal hal lain pun juga bisa tentunya. RAM atau Memory ini sendiri merupakan perangkat untuk tempat menyimpan data yang diakses oleh Processor. Nah siapa sih penemu RAM (Random Access Memory) ini sendiri? Dia bernama Robert Dennard. RAM (Random Access Memory) ini sendiri dipatenkan pada tahun 1968. Nah sedangkan Robert Dennard sendiri lahir di Terrell, Texas, Amerika Serikat pada tanggal 5 September 1932 dan sekarang sudah berumur 82 tahun. Sudah tua juga ya ternyata, hehe.
Penemu RAM (Random Access Memory) - Robert Dennard
Robert Dennard Sang Penemu RAM
Robert Dennard dibesarkan di sebuah desa di Texas dan mulai sekolah di sebuah Sekolah Satu Atap yang tentunya berada di pedesaan. Dia menceritakan bahwa dia selalu mencari cara yang lebih baik untuk melakukan hal-hal yang lebih cepat untuk seperti cara cepat memotong kayu bakar untuk kompor.
Robert Dennard ini setelah berhaisl menyeklesaikan sekolah menengahnya (SMP), Robert Dennard kemudian melanjutkan di sebuah Universitas atau perguruan tinggi di Southern Methodist University, dan mengambil jurusan Teknik Elektr. Lalu Robert Dennard mendapatkan gelar B.S dan juga M.S. Nah dari sana di tahun 1954 dan 1956, Robert Dennard melanjutkan studinya di Institut Teknologi Carnegie di Pittsburgh, Pennsylvania dan kemudian mendapaktkan gelar Ph.D pada tahun 1958. Kemudian Robert Dennard melanjutkan karirnya sebagai peneliti di International Business Machines atau bisa juga disingkat dengan IBM. Kemudian Robert Dennard mengembangkan memori satu-transistor dynamic random access (DRAM).

Pada tahun 1966 Dennard adalah anggota dari tim IBM melakukan penelitian pada sel memori enam transistor dan akhirnya transistor tersebut berkembang menjadi DRAM. DRAM kemudian di patenkan pada tahun 1968. Ini mendasari Hukum Moore yang ditemukan oleh Robert Moore Pendiri Intel dan evolusi mikroelektronik selama beberapa dekade terakhir.
Penemu RAM (Random Access Memory) - Robert Dennard
Model RAM Pertama Temuan Robert Dennard 
(Sumber gambar: http://history-computer.com/)
Penemu RAM (Random Access Memory) - Robert Dennard
Model RAM sekarang
Dan akhirnya disinilah kemudian RAM (Random Access Memory) sudah mulai untuk dikembangkan sampai sekarang dimana perkembangannya terus menerus mengalami kemajuan pesat bagi dunia komputasi. Penemu RAM yaitu Robert Dennard memberikan sumbangan yang amat penting hingga ia diberi penghargaan besar dalam dunia teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar