Minggu, 20 November 2016

bolu pandan

Palembang, 20 November 2016    21.35
 http://www.indirania.com/2016/10/kue-bolu-pandan.html


Kue bolu yang popular di Indonesia karena budaya barat adalah kue yang dibuat dari bahan dasar tepung terigu, telur dan gula. Saat ini banyak sekali varian atau jenis bolu yang dapat kita temukan di pasaran, salah satunya adalah kue bolu pandan. Kue bolu ini dapat dengan mudah dikenali karena warnanya yang hijau sama seperti daun pandan dan aroma harumnya yang khas. Kue ini bisa menjadi pilihan cemilan sehat untuk dikonsumsi keluarga ataupun dijadikan kue hidangan tamu pada acara-acara tertentu.


resep kue bolu pandan

Membuat kue bolu pandan tidak sulit, cara membuatnya pun sama dengan membuat kue bolu pada umumnya. Anda hanya perlu menambahkan pasta pandan yang dapat diperoleh di toko-toko terdekat. Coba resep berikut ini untuk membuat kue bolu pandan anda sendiri di rumah dan nikmatilah bersama keluarga.

Bahan yang diperlukan :

  • 100 gram Tepung Terigu
  • 15 gram Tepung Maizena
  • 110 gram Gula Pasir
  • 1 sendok teh Cake Emulsifier
  • 1 sendok teh Baking Powder
  • 4 butir Telur Ayam
  • 2 butir Kuning Telur
  • 1 sendok teh Garam
  • 10 gram Susu Bubuk
  • 75 gram Margarin, cairkan dan dinginkan sebelum digunakan
  • 1 sendok makan Pasta Pandan
  •  

Cara membuat kue bolu pandan :

  1. Kocok 4 butir telur utuh dengan 2 butir kuning telur (pisahkan dari putihnya), cake emulsifier, gula pasir, dan garam hingga teksturnya kental dan warnanya pucat. Sisihkan
  2. Campur tepung terigu yang telah diayak sebelumnya dengan tepung maizena dan susu bubuk. Aduk campuran tersebut sampai rata dan tambahkan baking powder. Aduk kembali.
  3. Masukkan campuran tepung tersebut ke dalam campuran telur yang telah dikocok sebelumnya. Masukkan tepung sedikit demi sedikit dan terus kocok adonan dengan kecepatan mixer rendah selama beberapa menit atau hingga adonan mengembang. 
  4. Setelah adonan mengembang, masukkan margarine yang telah dicairkan sebelumnya dan pastikan margarine telah dingin. Aduk dengan rata menggunakan spatula kemudian tambahkan juga satu sendok makan pasta pandah ke dalam adonan. Aduk hingga adonan rata berwarna hijau.
  5. Panaskan oven pada suhu 180 derajat, tuang adonan bolu ke dalam Loyang yang telah diolesi dengan margarine dan diberi taburan tepung sebelumnya. Panggang adonan bolu dalam oven selama 35 hingga 45 menit tergantung jenis oven yang digunakan.
  6. Untuk mengetahui apakah bolu sudah matang atau belum, gunakan tusuk sate atau lidi untuk menusuk bolu. Jika bagian tengah bolu sudah padat dan tidak lengket lagi, tandanya adonan sudah matang. Perhatikan juga bagian atas bolu, pastikan sudah tidak lengket dan agak kering.
  7. Angkat bolu dari oven dan kue bolu pandan sudah siap disajikan.
Teknik membuat bolu pandah hampir sama dengan teknik membuat bolu pada umumnya. Perbedaan bolu ini hanya terletak pada pasta pandan yang digunakan. Tidak hanya dapat dinikmati begitu saja, anda juga dapat menambahkan selai, krim atau potongan buah saat menyantap kue ini.

Kue bolu pandan buatan rumah juga dapat didekorasi sebagaimana kue bolu yang digunakan saat ulang tahun atau merayakan acara-acara tertentu. Jadi, tunggu apalagi, jika anda ingin menikmati lebut dan manisnya kue bolu pandan, cobalah untuk membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar