Minggu, 20 November 2016

pancake durian

resep pancake durian

Sumber : http://www.indirania.com/2016/10/resep-pancake-durian.html

Resep Membuat Pancake Durian

Pancake durian adalah salah satu panganan atau kue olahan durian yang banyak digemari saat ini, khususnya bagi penggemar buah durian.

Kue ini terbuat dari kulit pancake yang berbahan dasar tepung terigu dan telur yang diisi dengan vla atau krim yang dicampur dengan daging buah durian utuh. Kue ini pertama kali diperkenalkan oleh warga Medan dimana kota ini juga dikenal sebagai salah satu sentral penghasil buah durian, dan biasanya kue pancake durian yang dibuat disana memang berisi daging buah durian lokal atau durian Medan.
resep pancake durian

Tidak hanya popular di kota Medan saja, saat ini kue pancake durian telah banyak dikenal di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan kota-kota lainnya.

Rasa kulit pancake yang berpadu dengan lembut dan manisnya krim durian membuat kue yang satu
ini benar-benar spesial. Tak jarang kita harus merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati kue yang satu ini. Tapi jangan khawatir karena ternyata pancake durian dapat kita buat sendiri di rumah tentunya dengan harga yang lebih ekonomis dan dengan rasa yang tidak kalah dari pancake durian yang di jual di gerai makanan.

Tertarik untuk mencoba membuat pancake durian ini? Cobalah resep pancake durian sederhana ini :


Bahan kulit adonan pancake :

  • 250 gram tepung terigu protein sedang (jenis protein terigu dapat dilihat pada kemasan)
  • 1 butir telur ayam
  • 40 gram susu bubuk full cream
  • 1 sendok makan Orchid butter
  • 400 mililiter air
  • 1 sendok teh garam

Bahan isi :

  • 2 buah daging buah durian monthong, pisahkan dari bijinya
  • 200 gram whipped krim bubuk
  • 250 mililiter air es atau air yang benar-benar dingin

Cara membuat pancake durian :

  1. Pertama buat kulit pancake durian terlebih dahulu. Campurkan semua bahan untuk membuat adonan kulit dalam suatu wadah dam aduk hingga rata. Pastikan tidak ada tepung yang menggumpal. Saring adonan agar memiliki tekstur halus dan tidak ada gumpalan di dalamnya. Panaskan Teflon dan tuang adonan secukupnya, buatlah kulit yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Ulangi hingga adonan selesai.
  2. Buat krim durian dengan cara mengocok whipped krim bubuk dengan air es. Pastikan airnya benar-benar dingin karena jika tidak dingin hasilnya tidak akan sempurna. Kocok krim dengan kecepatan tinggi selama 5 hingga 7 menit. Setelah krim kaku, tambahkan daging buah durian ke dalam krim dan aduk rata. Krim siap untuk diisikan ke dalam kulit pancake.
  3. Letakkan kulit pancake diatas piring datar dan isi dengan krim atau vla durian yang telah disiapkan sebelumnya. Lipat berbentuk amplop seperti halnya saat membuat dadar gulung. Rekatkan bagian ujung bawahnya agar krim tidak keluar dari kulitnya.
  4. Letakkan pancake di wadah yang sudah disiapkan, pancake juga dapat diberi alas berupa kertas kue. Pancake durian sudah siap untuk dinikmati. Pancake juga dapat disimpan dalam kulkas dan disajikan dalam keadaan dingin.

Mudah bukan? Mengapa tidak coba sendiri di rumah. Bagi anda penggemar durian pasti anda akan ketagihan dengan rasa pancake yang manis dan lembut. Agar tampilannya lebih menarik, anda juga dapat menambahkan pewarna makanan pada adonan kulit seperti menambahkan warna hijau, pink, kuning dan lain sebagainya. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar