Minggu, 20 November 2016

kue pancong

Resep kue pancong

Resep Membuat Kue Pancong
sumber : http://www.indirania.com/2015/07/resep-cara-membuat-kue-pancong.html
Berbicara mengenai kue pancong, kue yang satu ini merupakan salah satu kue favorite saya. Biasanya sih penjual kue pancong yang ada di kampung saya selalu lewat di depan rumah saya. Saya pun sudah menyiapkan selembar uang 2-5 ribu untuk menyantap kue yang enak ini. Kalau di kampung saya sih kue ini disebut rangen.
resep kue pacong
Nah, kali ini saya akan berbagi resep membuat kue pancong yang lezat ini. Yuuk simak langkah-langkahnya sebagai berikut :
Bahan-bahan :
200 gram tepung beras
200 gram kelapa parut (saya pakai kemasan siap pakai)
50 tepung terigu
2 butir telur ayam ukuran sedang
1/2 sendok teh vanili
250 ml santan kental
250 ml air panas
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya (untuk taburan)
Cara membuat kue pancong
Pertama-tama masukkan santan secukupnya ke dalam panci dan panaskan menggunakan api kecil. Masukkan kira-kira 50 gram tepung beras, vanili atau daun pandan. kemudian aduk hingga tercampur rata dan mengental.
Tambahkan tepung beras, tepung terigu, kelapa parut, garam, dan aduk hingga tercampur rata. Jika sudah, matikan api.
Setelah itu, kocok telur dan masukkan ke dalam adonan tepung tadi. Tambahkan air dan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga adonan tercampur rata. Pastikan adonan tidak mengental dan tidak cair juga, sedanglah sist.
Siapkan loyang/ cetakan kue pancongnya. Olesi sedikit mentega/ minyak goreng, kemudian panaskan loyang. Tuangkan adonan dan panggang hingga matang menggunakan api sedang. Tanda jika cakenya matang adalah, permukaan cake sedikit berongga.
Jika cake sudah matang, keluarkan dari loyang, dan kue pancong pun siap disantap selagi hangat. Taburi gula di atasnya, biar lebih lezat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar