Minggu, 20 November 2016

kue dorayaki

Palembang, 21 November 2016    05.47
http://www.indirania.com/2015/11/resep-kue-dorayaki.html


Siapa yang tidak kenal kue dorayaki? Kue kesukaan doraemon ini sudah pasti pernah anda dengar. Dengan tekstur bulat yang imut, kue ini menjadi idola semua orang, terutama anak-anak.

Waktu saya kecil, saya suka sekali nonton doraemon bareng kakak-kakak saya. Dan saya sempat bertanya-tanya, kue yang suka dimakan doraemon itu kue apa yah? Lambat laun saya mulai mengetahui namanya, yaitu kue dorayaki.

Kue ini berbentuk bulat dan mempunyai tekstur yang unik dan warna coklat agak hitam menjadi ciri khas tersendiri dari kue ini.

resep kue dorayaki


Sebelumnya saya sudah pernah berbagi resep kue dadar gulung yang lezatnya memang tidak dapat dipungkiri lagi. Dan kali ini masih tetap mengenai resep kue, lebih tepatnya resep cara membuat kue dorayaki yang imut dan enak banget deh pokoknya.

Langsung saja deh, berikut bahan-bahan yang diperlukan beserta langkah-langkah membuatnya :

Bahan-bahan :

  • 130 gram terigu protein rendah atau sedang 
  • 80 gram gula pasir
  • 1 sendok makan madu
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 2 butir telur
  • 50 ml air


Langkah-langkah membuat kue dorayaki

  1. Siapkan mangkok mixer atau wadah yang berukuran sedang. Masukkan telur, madu, dan gula, kemudian kocok menggunakan mixer sampai adonan agak mengembang.
  2. Tambahkan tepung dan soda kue, kemudian aduk kembali menggunakan whisk.
  3. Masukkan air, lalu aduk kembali hingga tercampur rata dan diamkan sejenak selama kurang lebih 10 menit. Aduk kembali adonan.
  4. Panaskan teflon dan tuangkan satu sendok sayur adonan. Panggang adonan menggunakan api kecil. Bila terdapat gelembung dan pinggiran adonan tidak basah, silakan balik adonan dan panggang kembali sebentar, kemudian angkat.
  5. Langsung tutup dorayaki dengan serbet supaya dorayaki tetap empuk dan tahan berhari-hari. Kue dorayaki pun sudah siap untuk disantap! 

Selamat menikmati kue dorayakinya. Sambil nonton doraemon juga mantap tuh, hehehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar