Minggu, 20 November 2016

cupcakes

Palembang, 20 November 2016  21.15
http://www.indirania.com/2015/07/resep-cara-membuat-cupcake.html
 
 
Resep cara membuat cupcake - Aneka kue yang bernama cupcake ini sudah menjadi kue favorite oleh beberapa orang. Dari segi tekstur dan bentuk sih hampir mirip dengan kue mangkok tapi rasanya jauh berbeda. Bagi anda yang menjadi penggemar berat kue ini atau yang ingin menjadi penggemar kue ini, silakan simak langkah-langkah membuat cupcake berikut ini :

resep cara membuat cupcake kukus super lezat

Bahan-bahan :

  • 140 gram tepung terigu protein sedang
  • 125 gram mentega
  • 100 gram Dark Compound Chocolate (DCC)
  • 175 gram gula kastor
  • 1 sdt baking powder
  • 2 sdm coklat bubuk
  • 1 butir telur ayam
  • 125 ml air


Bahan untuk topping :

  • 200 gram Dark Compound Chocolate (DCC)
  • 150 gram krim kental (thick cream)

Cara mudah membuat cupcake

  1. Panaskan oven dalam suhu 160 °C, kemudian siapkan loyang muffin yang telah dialasi dengan kertas cupcake.
  2. Masukkan mentega, coklat DCC, dan air ke dalam panci. Masak dengan menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk hingga licin dan larut. Matikan kompor, angkat panci dari kompor, tambahkan gula, aduk hingga tercampur rata, dan sisihkan (biarkan agak dingin dulu).
  3. Tambahkan baking powder, tepung terigu, dan coklat bubuk yang telah diayak sebelumnya ke dalam larutan coklat yang agak dingin tadi, kemudian aduk hingga rata. Masukkan telur dan aduk kembali adonan hingga tercampur rata.
  4. Tuangkan adonan ke dalam loyang muffin yang telah dialasi kertas cupcake setinggi 3/4 nya saja. Kukus selama 15-20 menit hingga matang. Jika sudah matang, angkat, dan sisihkan.
  5. Sekarang kita buat toppingnya, agar cupcakenya nanti lebih cantik, hehehe. Masukkan krim kental ke dalam panci, panaskan (tidak perlu mendidih, panas saja sudah cukup). Tambahkan potongan coklat, aduk hingga licin dan larut, kemudian dinginkan.
  6. Siapkan plastik segitiga yang biasanya digunakan untuk menyemprotkan adonan kue. Kalau tidak punya, kantong plastik biasa juga boleh. Beri spuit di ujungnya (spuit 1M), kocok larutan coklat tadi hingga mengembang, masukkan ke dalam plastik, kemudian semprot bentuk mawar diatas cupcake yang telah dingin tadi.

Untuk toppingnya sih, anda bisa berkreasi sendiri kok. Jadi tidak harus menggunakan topping pada resep cupcake di atas. Ada banyak aneka topping yang bisa anda gunakan, bahkan ada 1001 aneka jenis topping, hehehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar