Minggu, 20 November 2016

kue talam

Resep kue talam

Resep Kue Talam
sumber : http://www.indirania.com/2015/07/resep-cara-membuat-kue-talam.html
Kue talam, salah satu aneka kue basah ini sudah menjadi favorite oleh sebagian orang. Yaap, hal tersebut mungkin karena kelembutan tekstur yang dimiliki oleh kue ini. Jadi tidak heran jika banyak yang mengidolakan kue ini. Kue yang satu ini sangatlah populer, terlebih lagi pada bulan puasa. Langsung saja sist, berikut langkah-langkah membuat kue talam :
resep cara membuat kue talam
Bahan-bahan
Bahan I
250 gram ubi jalar merah
150 gram tepung beras
100 gram tepung sagu
200 gram gula pasir
1 bungkus vanili
450 ml santan encer
200 ml air panas
Garam secukupnya
Bahan II
350 gram santan kental
50 gram tepung beras
30 gram tepung sagu
1 bungkus vanili
Garam secukupnya
Cara membuat kue talam
Masukkan semua bahan II ke dalam wadah berukuran sedang, kemudian aduk hingga tercampur rata dan sisihkan. Setelah itu, kukus ubi jalar merah hingga matang, kemudian kupas dan haluskan.
Dalam wadah yang berbeda, masukkan tepung beras dan air panas. Sambil diaduk, masukkan juga ubi jalar merah, santan cair, tepung sagu, gula pasir, vanili dan garam, kemudian aduk kembali hingga tercampur rata. Jika adonan terasa kental, tambahkan air secukupnya dan pastikan adonan tidak mengental. Anda bisa menggunakan mixer untuk mengaduknya.
Panaskan pengukus, kemudian olesi cetakan cake dengan sedikit minyak goreng. Setelah itu, masukkan 3/4 adonan bahan I ke dalam cetakan dan kukus hingga adonan menjadi kaku.
Gampangnya begini, setelah 15 menit adonan ke II dimasukkan, anda bisa menusukkan lidi pada adonannya, jika tidak ada adonan yang menempel pada lidi, berarti cakenya sudah matang. Jangan lupa, ketika mengukus kasih serbert yaah, biar uap air tidak jatuh ke dalam adonan.
Lakukan step no 4 sampai adonan habis. Keluarkan cake yang sudah matang dari cetakan, dan kue talam pun sudah siap disantap bersama keluarga tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar