Minggu, 20 November 2016

puding roti

Palembang, 20 November 2016   21.24
http://www.indirania.com/2016/10/resep-membuat-puding-roti-tawar-yang.html


Siapa yang tidak kenal puding? Makanan yang satu ini biasanya disajikan sebagai makanan penutup. Puding sebenarnya berasal dari kata Poudin dalam bahasa Perancis yang berarti sosis kecil. Puding terdiri dari berbagai macam varian baik yang rasanya manis atau asin.


resep cara membuat puding roti tawar


Salah satu satu jenis puding yang cukup digemari adalah puding roti tawar atau bread pudding. Jenis puding yang banyak dikenal di negara barat ini dibuat dari bahan dasar roti tawar, susu dan telur dengan berbagai macam taburan topping yang disesuaikan dengan selera. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat puding roti cukup sederhana dan dapat diperoleh dengan mudah di toko terdekat.

Cara membuat puding roti juga tidak sulit dan dapat dipraktekkan dirumah. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat puding roti tawar digemari banyak kalangan dari berbagai usia termasuk anak-anak dan orang tua. Untuk membuat puding roti, ikuti langkah yang dijelaskan dalam resep berikut ini :

Bahan yang diperlukan :

  • 1 lembar roti tawar, potong kotak. (Sebaiknya gunakan roti tawar dengan tekstur yang lembut serta cek juga tanggal kadaluarsanya).
  • 120 mililiter susu cair UHT, jika tidak ada bisa menggunakan 6 sendok makan susu bubuk yang dilarutkan dalam 120 mililiter air.
  • 1 sendok makan margarin atau mentega cair
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sendok teh tepung maizena
  • ¼ bubuk kayu manis

    Bahan taburan atau topping :

  • Kismis dan kacang almond Alice secukupnya
  • Sediakan juga pinggang/ wadah kaca tahan panas berukuran 10x5x10 cm jika tidak ada bisa menggunakan loyang dengan ukuran yang sama.

Cara membuat puding roti :

  1. Pertama-tama cairkan tepung maizena dengan sedikit susu pada mangkuk kecil kemudian campurkan larutan maizena tersebut pada susu cair yang sudah dituang dalam mangkuk yang lebih besar. Aduk hingga rata kemudian sisihkan.
  2. Susun roti tawar yang sudah dipotong-potong dalam pinggang kaca tahan panas. Sisihkan.
  3. Campurkan telur, gula dan bubuk kayu manis dalam wadah lain. Aduk dengan menggunakan garpu hingga tercampur dengan rata. Setelah tercampur dengan rata, tuang larutan susu dan maizena yang telah dicampurkan sebelumnya, tambahkan juga margarin cair dalam campuran tersebut. Aduk rata dan saring larutan tersebut dengan menggunakan saringan. Pastikan gula sudah larut dalam campuran sebelum disaring.
  4. Tuang larutan yang sudah disaring tersebut dalam pinggang yang telah diisi dengan roti tawar sebelumnya. Tekan roti tawar dengan menggunakan garpu agar roti terendam seluruhnya. 
  5. Taburi bagian atasnya dengan kismis dan potongan kacang almond. Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat Celsius selama 30 Hingg 40 menit.
  6. Setelah matang, angkat dan sajikan puding. Puding roti yang sudah matang bisa didinginkan terlebih dahulu dalam kulkas sebelum disantap agar lebih nikmat.

Selain enak, puding roti mengandung protein dan karbohidrat yang cocok dikonsumsi sebagai sarapan untuk menambah energi. Jadi jika Anda punya banyak simpanan roti tawar di rumah, tidak ada salahnya jika roti tawar tersebut Anda olah menjadi puding.  Selain itu, topping yang digunakan untuk membuat puding roti juga bisa divariasikan.

Anda dapat menambahkan potongan buah segar seperti strawberry atau pisang maupun irisan coklat atau keju kesukaan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar