Minggu, 20 November 2016

kue bolu pelangi

Palembang, 20 November 2016  21.50
http://www.indirania.com/2016/10/kue-bolu-pelangi.html

Kue bolu pelangi adalah salah satu inovasi makanan terutama kue yang tidak hanya nikmat disantap tetapi juga sedap dipandang.

Warna-warni rainbow cake sangat menarik dan menggugah selera orang untuk menikmatinya. Kue yang satu ini saat ini banyak dijual dan harganya relative mahal karena proses pembuatannya yang memang cukup rumit.

resep bolu pelangi

Jika biasanya kue bolu pelangi atau rainbow cake yang kita nikmati dibuat dengan cara dipanggang, ternyata kue ini juga bisa dibuat dengan cara dikukus tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang tidak memiliki oven. Tanpa menggunakan oven, anda dapat membuat kue cantik ini tentunya dengan harga yang lebih ekonomis. Tertarik untuk mencoba membuat rainbow cake anda sendiri di rumah? Coba resep kue bolu pelangi berikut ini:

Bahan yang diperlukan :

  • 275 gram Tepung Terigu Protein Sedang ( Lihat jenis protein terigu pada kemasan)
  • 300 gram Gula Pasir
  • 7 butir Telur Ayam
  • 2 sendok teh Cake Emulsifier
  • 250 ml Santan Kental
  • 1 sendok teh Esens (Essence) Vanila
  • Pewarna makanan dengan warna-warni pelangi secukupnya
  • Loyang dengan ukuran 20x20x7cm, atau disesuaikan dengan bentuk dan ukuran panci

Cara membuat bolu kukus pelangi :

  1. Letakkan telur, gula pasir dan cake emulsifier dalam sebuah wadah dan kocok campuran tersebut dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan kaku atau campuran tidak menetes saat mixer diangkat, kurang lebih selama 6 menit.
  2. Setelah adonan telur mengembang, masukkan tepung terigu yang telah diayak sebelumnya sedikit demi sedikit dan campurkan menggunakan mixer denga kecepatan rendah. Aduk hingga rata.
  3. Masukkan santan  pada adonan tepung dan telur sedikit demi sedikit sambil terus di kocok dengan kecepatan rendah, kemudian tambahkan esens vanili untuk membuat aromanya menjadi harum. Kocok adonan hingga tercampur rata.
  4. Panaskan panci kukus diatas kompor dan pastikan uapnya telah keluar sebelum adonan diletakkan dalam panci.
  5. Bagi adonan yang sudah diaduk merata menjadi 6 bagian atau sekitar 210 gram oerbagian. Beri enam adonan yang sudah dipisahkan tersebut dengan pasta warna-warni yang telah disiapkan sebelumnya.
  6. Selanjutnya, tuangkan  adonan warna pertama ke dalam sebuah loyang dengan ukuran 20x20x7 cm, Letakkan Loyang tersebut dalam panci kukus dan tutuplah panci tersebut.
  7. Kukus adonan kue bolu pelangi selama 15 menit hingga matang.
  8. Setelah adonan pertama matang, Tuangkan adonan dengan warna lain sebagai lapisan kedua, kuku lagi dalam panci selama kurang lebih 15 menit.
  9. Lakukan lagi dengan adonan warna lain dan ulangi hingga adonan habis dan kue sudah memiliki beberapa lapisan.
  10. Setelah adonan terakhir dituangkan dalam Loyang, kukus kue selama kurang lebih 25 menit. Anda dapat mengecek kematangan kue dengan menggunakan tusuk sate yang ditusukkan ke dalam adonan kue. Kue sudah matang saat adonan atau kue sudah tidak menempel pada tusuk atau lidi tersebut.
  11. Angkat bolu dari panci kukus dan letakkan kue dalam piring atau wadah saji yang telah disiapkan.
Bolu pelangi atau rainbow cake yang sudah matang dapat dilapisi krim dan dihias lebih cantik lagi dengan membubuhkan krim ataupun hiasan seperti coklat atau potongan buah. Anak-anak pasti sangat menyukai kue ini terutama jika disajikan saat pesta ulangtahun.

Jika berhasil membuat kue pelangi ini sendiri tentunya anda akan merasa bangga dan lebih puas saat menikmati kue tersebut. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar