Minggu, 20 November 2016

resep kue klepon

Palembang, 20 November 2016   20.40
http://www.indirania.com/2015/11/resep-membuat-kue-klepon-ketan.html


Kue klepon merupakan salah satu jajanan tempo dulu yang sampai sekarang diminati banyak orang. Kue klepon ini memiliki tekstur yang kenyal dan sedikit padat dengan isian gula merah yang meleleh.

Di kampung kecil saya, penjual kue klepon sangat mudah dijumpai. Biasanya satu tusuk, dapat 3-4 butir klepon dengan ukuran sedang. Dengan taburan parutan kelapa diatasnya membuat kue klepon ini menjadi lebih enak dan lezat.

Sebelumnya saya pernah berbagi resep kue pie buah, dimana hiasan buah (leci, apel, starwberry dll) diatasnya membuat kue pie buah sangat enak dan menarik. Dan hari ini saya akan membagikan resep yang tak kalah enaknya yaitu resep kue klepon yang enak plus cara membuat kue klepon ini sangatlah mudah.


resep cara membuat kue klepon


Langsung saja, siapkan bahan-bahannya sebagai berikut dan langsung menuju dapur. Yuuk simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

Bahan A :

250 gram tepung ketan
50 gram tepung beras
2 sendok teh air kapur sirih (opsional)

Bahan B :

210 gram kelapa parut
100 gram gula merah (iris kecil-kecil)
Pewarna makanan secukupnya

Langkah-langkah membuat kue klepon :

  1. Siapkan wadah berukuran agak besar, kemudian masukkan semua bahan A. Setelah itu, campur semua bahan tersebut hingga tercampur rata dan bagi adonan menjadi 3 bagian, kemudian beri pewarna makanan sesuai selera.
  2. Ambil sedikit adonan, kemudian pipihkan dan tambahkan irisan kecil gula merah yang telah disiapkan, lalu bualatkan seperti membuat cilok. Lakukan hal tersebut sampai adonan habis.
  3. Kemudian taruh semua adonan yang sudah dibulatkan tadi diatas piring. Setelah itu rebus bulatan adonan hingga matang dan mengapung.
  4. Terakhir angkat kue klepon dan guling-gilingkan di atas parutan kelapa hingga melekat dengan sempurna. Kue klepon dengan lumuran parutan kelapa sudah siap disantap!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar